Biaya Perawatan Pesawat Udara dan Pedoman Perlakuan Akuntansi (Studi Pustaka) Biaya Perawatan Pesawat Udara dan Pedoman Perlakuan Akuntansi (Studi Pustaka)

Sudarno Sudarno, ryan firdiansyah suryawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberitahukan secara studi pustaka dalam hal perawatan pesawat dengan dasar UU No.1 Tahun 2009 dan Pedoman IATA mengenai perhitungan akuntansi untuk penerbangan. Selain sumber dua aturan di atas juga menggunakan data kuantitatif standar perhitungan biaya perawatan  pesawat udara. Akuntansi dan laporan berkala, data tentang pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan bisnis secara berkala dikumpulkan dan dilaporkan dalam laporan laba rugi, banyak jenis pengeluaran mungkin memerlukan penangguhan atau akrual dalam keadaan tertentu, biaya penangguhan, biaya penangguhan adalah pembayaran di muka jangka panjang dengan biaya yang harus dibayar kepada operasi beberapa tahun disajikan pada neraca pada bagian yang sering disebut sebagai biaya penangguhan. Akrual, akrual adalah pengeluaran yang secara bertahap meningkat seiring berjalannya waktu.

            International Air Transport Association merupakan pedoman akuntansi penerbangan yang menjelaskan perawatan untuk perawatan pesawat sebagai berikut ; Ini adalah perawatan yang diterima secara umum untuk pemeliharaan rutin yang dibebankan saat terjadi, demikian pula dengan
  sebagian besar maskapai penerbangan membebani biaya pesawat tahunan seperti yang terjadi dengan alasan bahwa pengeluaran tersebut berulang dan dapat diprediksi serta pencocokan yang wajar antara pendapatan dan pengeluaran, dan Perlakuan akuntansi untuk mantenance berat dan pemeriksaan mesin tidak seragam. Pesawat udara umumnya mengadopsi satu dari tiga metodologi berikut ketika menghitung biaya pemeliharaan ini, biaya yang dikeluarkan, memberikan dasar akrual, menunda dan diamortisasi. Tetapi jika pemeliharaan didelegasikan ke perusahaan outsourcing, perlakuan akuntansi dari biaya pemeliharaan tidak mengadopsi tiga metodologi tetapi berdasarkan faktur penerima.


Full Text:

PDF

References


- Undang-Undang No.1. Tahun 2009 tentang Penerbangan

- International Air Transport Association, Accounting For Maintenance Costs.

- Adam Durschlag, Q Finance,The Ultimate Resource No 1, bloomsbury, Qatar Fundation,Publishing Second Sdition 2010

- Niswonger/Fess,Accounting Principles.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan



ISSN Print: [1858-0726] ISSN Online: [On Progress]
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN AVIASI
Mabes TNI AU - Wisma Aldiron Dirgantara Lt.2
Jl. Gatot Subroto No.72
Jakarta Selatan DKI Jakarta
12780 Indonesia
Phone : 021 7991923 / 7991886
Fax : 021 7991923