Analisis pengaruh slot time terhadap target take off time pada Perum LPPNPI Cabang Surabaya

Syifa Fauziah, Maria Kristiani Setya Budi

Abstract


Setelah Pandemi Covid 19 dinyatakan selesai oleh WHO, ICAO memprediksi jumlah traffic global akan terus mengalami kenaikan 3,6%-4,9% dalam kurun waktu 10 tahun (2018-2028). Namun berdasarkan survey Official Air Guide (OAG) menunjukkan bahwa on time performance (OTP) di Bandar Udara Internasional Juanda pada bulan November 2022 59,6% yang artinya terdapat penundaan/ keterlambatan (delay) sebesar 40,4%. Penundaan keberangkatan dan kedatangan pesawat ini akan berdampak pada keberangkatan dan kedatangan selanjutnya. Salah satu upaya untuk menjaga efektifitas dan efisiensi pergerakan pesawat adalah dengan slot time. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh slot time terhadap Target Take Off Time (TTOT) pada Perum LPPNPI Cabang Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa studi dokumentasi. Data yang diteliti berupa laporan pergerakan harian pesawat dan laporan punctuality di Bandar Udara Internasional Juanda oleh Perum LPPNPI Cabang Surabaya pada periode Desember 2022 – Januari 2023. Laporan pergerakan harian pesawat akan melihat Aircraft Identification, Estimated Off Block Time (EOBT), sedangkan laporan punctuality akan melihat pemenuhan target take off time dengan taxi duration, dan standart taxi time tiap pesawat berdasarkan jenis pesawat dan rute taxi yang dilewati untuk lepas landas. Hasil penelitian menghasilkan terdapat hubungan yang cukup antara pemenuhan waktu slot time dan juga TTOT pada Perum LPPNPI Cabang Surabaya dengan persentase korelasi sebesar 32%. Ketepatan waktu slot time dan TTOT pada Bandar Udara Internasional Juanda telah mecapai rata-rata, dengan slot time sebesar 93% dan TTOT sebesar 55%.

 

Analysis of the effect of slot time on the target take-off time at the Perum LPPNPI Surabaya

 

Abstract: After WHO declared the Covid 19 Pandemic, ICAO predicts the amount of global traffic will continue to increase by 3.6% - 4.9% within ten years (2018-2028). However, based on the Official Air Guide (OAG) survey, the on-time performance (OTP) at Juanda International Airport in November 2022 was 59.6%, which means there was a delay of 40.4%. Delays in the departure and arrival of this aircraft will have an impact on subsequent departures and arrivals. The intention of this study is to know the effect of slot time of Target Take Off Time (TTOT) on Perum LPPNPI Surabaya. This study uses a quantitative method for gathering data from document studies. The research data is in the form of a daily airplane report and punctuality report in Juanda International Airport by Perum LPPNPI Surabaya from December 2022 to January 2023 period. The daily airplane movement report will determine the Aircraft Identification Estimated Off Block Time (EOBT), while the punctuality report will determine the target take-off time with taxi duration, standard taxi time every plane by their type, and taxi route passed by the plane to take off. This result shows there is enough correlation between slot time fulfillment and TTOT at Perum LPPNPI Surabaya, with a correlation percentage of around 32%. The punctuality of slot time and TOTT at Juanda International Airport has reached an average point, with slot time around 93% and TOTT around 55%.


Keywords


Slot Time; Target Take Off Time; ATFM; Perum LPPNPI Surabaya

Full Text:

Fulltext PDF

References


AirNav Indonesia. (2018). Berdirinya perum LPPNPI. https://eproc.airnavindonesia.co.id/vms/web/index.php/homepage/informasi_detail/id/20062/judul/tentang_kami.shtml.shtml

Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah penumpang pesawat di bandara utama (Orang). https://www.bps.go.id/indicator/17/66/1/jumlah-penumpang-pesawat-di-bandara-utama.html

Christine, D., Wijaya, J., Chandra, K., Pratiwi, M., Lubis, M. S., & Nasution, I. A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, leverage, total arus kas dan ukuran perusahaan terhadap financial distress pada perusahaan property dan real estate yang terdapat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 340–350. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.102

KP 112 Tahun 2017, (2017). http://jdih.dephub.go.id/index.php/pencarian

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete SPSS 25. Universitas Diponegoro.

IATA. (2022). Worldwide airport slot guidelines (WASG). https://www.iata.org/contentassets/4ede2aabfcc14a55919e468054d714fe/wasg-edition-2-english-version.pdf

ICAO. (1984). Air traffic services planning manual catalogue of icao publications and audio-visual training aids. In Middle East: Vol First Edit (Number 1984). International Civil Aviation Organization.

ICAO. (2016). Doc 4444 procedures for air navigation services air traffic management (16th ed, Number November). International Civil Aviation Organization.

ICAO. (2021). Post-COVID-19 Forecasts Scenarios. COVID-19 Impact on the icao long-term traffic forecats. https://www.icao.int/sustainability/Pages/Post-Covid-Forecasts-Scenarios.aspx

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor Pm 38 Tahun 2017 Tentang Perubahan Kesembilan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor Km 25 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara, (2017).

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 65 Tahun 2017 Tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 170 (Civil Aviation Safety Regulation Part 170) Tentang Peraturan Lalu Lintas Penerbangan (Air Traffic Rules), 1 (2017).

LPPNPI Surabaya. (2023). Dashboard LPPNPI Cabang Surabaya. LPPNPI.

Mukhid, A. (2021). Metodologi penelitian pendekatan kuantitatif (1st ed, Vol 7, Number 1). Jakad Media Publishing.

Official Airline Guide. (2022). Montly OTP Data. https://www.oag.com/en/on-time-performance-airports-july-2022

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 77 Tahun 2012 Tentang Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia, Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (2012).

Rabbani, Z. A., M.S, T. A., & Abimanyu, Y. (2021). Pengaruh pemenuhan slot time terhadap target take-off time di Perum LPPNPI Cabang Utama Jakarta Air Traffic Service Center. Langit Biru: Jurnal Ilmiah Aviasi, 14(03), 01–07. https://doi.org/10.54147/langitbiru.v14i03.492




DOI: https://doi.org/10.52186/aviasi.v20i1.129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syifa Fauziah, Maria Kristiani Setya Budi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN AVIASI
Wisma Aldiron Dirgantara
Jl. Gatot Subroto No.72
Jakarta selatan 12780
Phone : (021) 52395907

Creative Commons License
Aviasi : Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.