HUBUNGAN KUALITAS PRODUK WISATA DAN PELUANG PASAR DENGAN KEPUASAN PELANGGAN DI WASTU WISATA
Abstract
This research have purpose to know the relationship between product quality and market opportunities with customer satisfaction in Wastu Wisata. The type or research used quantitative research methods and descriptive methods. Sample of 30 respondents who is the customer Wastu Wisata in the form of suspension refers to scala liekert. Research results show that product quality variables have a significant relationship with customer satisfaction, market opportunity variables with customer satisfaction there is a positive and significant relationship. Many tourism product/ services are currently being offered online, Wastu Wisata product offers the best and ceapest travel packaged attractively. Wastu Wisata ensures to always increase market opportunities in marketing tourism product and efforts to invite customers to prioritized in efforts to use tourism products by providing satisfying product with due respect Wastu Wisata always to increase quality products and market opportunities so that customers feel to be king
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas produk dan peluang pasar dengan kepuasan pelanggan di Wastu Wisata. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan metode deskriptif. Sampel sebanyak 30 responden yang merupakan pelanggan dari Wastu Wisata dalam bentuk skorsing mengacu pada Scala Liekert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable kualitas produk ada hubungan dan signifikan dengan kepuasan pelanggan; variable peluang pasar dengan kepuasan pelanggan ada hubungan yang positif dan signifikan. Wastu Wisata harus terus memperhatikan kualitas produk maupun peluang pasar yang ditawarkan dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan. Dimana produk wisata saat ini banyak penawaran diberbagai online penawaran produk Wastu Wisata harus lebih digiatkan dan paket perjalanan dikemas secara menarik. Wastu Wisata harus senantiasa meningkatkan peluang pasar dalam memasarkan produk wisata dan upaya mengajak para pelanggan untuk menggunakan produk wisata dari Wastu Wisata. Dalam hal ini kepuasan pelanggan harus diprioritaskan dalam upaya penggunaan produk wisata dengan memberikan produk yang memuaskan. Dengan demikian, Wastu Wisata terus meningkatkan kualitas produk dan peluang pasar agar para pelanggan merasa puas dan menjadi raja.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid, Suharto. 2009, Customer Service dalam Bisnis Jasa Transportasi, RajaGrafindo Persada Jakarta.
A.J. Mulyadi. 2009, Kepariwisataan dan Perjalanan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Alma, Buchari. 1996, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, penerbit Alfabeta, Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta, Jakarta
Budi Santosa, et. all. 2005, Analisis Statistik dengan Microsoft Excel & SPSS, Penerbit ANDI, Yogyakarta.
Doganis, Rigas. 1995, Flying off Course, The Economics of International Airlines, Rautledge, London & New York.
Kotler, Philip. 1995, Manajemen Pemasaran, jilid 1, Penerbit Karisma Publisihing, Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
DOI: https://doi.org/10.52186/aviasi.v16i1.28
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tri Susilowati, Sri Wastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN AVIASI Mabes TNI AU - Wisma Aldiron Dirgantara Lt.2 Jl. Gatot Subroto No.72 Jakarta Selatan DKI Jakarta 12780 Indonesia Phone : 021 7991923 / 7991886 Fax : 021 7991923 | ![]() ![]() |

Aviasi : Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.