Implementasi Key Performance Indicator Pada Staff Ground Handling (Petugas Pasasi) Di Bandar Udara

Sapriyanti Sapriyanti, S.Kom, M.Kom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Key Performance Indicator (KPI) dalam mendukung strategi peningkatan kualitas SDM Staff Ground Handling (Petugas Pasasi) di Bandar Udara. Pengembangan sumber daya manusia dewasa ini terus semakin ditingkatkan. Setiap perusahaan memiliki badan atau bidang khusus yang menangani permasalahan sumber daya manusia termasuk perusahaan lokal yang tengah berkembang agar tidak tertinggal. Dalam perkembangannya perusahaan yang bergerak di bidang keuangan mikro mempunyai tujuan menjadi sahabat bagi masyarakat dengan keterbatasan ekonomi yang menjunjung organisasi dalam memberikan kualitas pelayanan yang handal, secara bersama menciptakan kesempatan tumbuh dan berkembang serta ikut meningkatkan kualitas sumber daya manusia Staff Ground Handling (Petugas Pasasi) di Bandar Udara. Manajemen sumber daya manusia melibatkan investasi yang cukup besar dan pada umumnya berjangka panjang serta melalui proses yang bersifat integral, yaitu seleksi, pendidikan dan pelatihan, evaluasi dan penggajian, serta pengembangan. Peningkatan kualitas pegawai maupun karyawan sangat penting karena tidak hanya akan mempengaruhi tingkat produktivitas kerja secara keseluruhan, tetapi juga diharapkan akan meningkatkan kualitas kinerja dalam perusahaan. Peningkatan kualitas menjadi suatu tujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual dan moral para karyawan. Sebuah perusahaan harus memiliki indikator kinerja sebagai panduan keputusan untuk pencapaian tujuan dan target perusahaan, salah satunya dengan menggunakan Key Performance Indicator (KPI). Pasasi bagian dari ground handling yang menangani penumpang dimulai dari proses check in hingga penumpang naik ke pesawat (Aircraft) dan menangani proses penumpang transit. Check in Counter adalah tempat melapor nya penumpang yang ingin menggunakan jasa penerbangan Kata Kunci: Key Performance Indicator; Staff Ground Handling; Bandar Udara

Full Text:

PDF

References


Donelly, 2016. Produktivitas Kerja. Edisi Kedelapan. Birarupa Aksara. Jakarta.

Effendy, 2007. Humas Suatu Studi Komunikologis. PT.Remaja Rosida, Bandung

Mahsun, 2011. Pengukuran Kinerja Sektor Publik, BPFEYogyakarta

Parmenter, 2007. Key Performance Indikators, PT Elex Media Komputindo,. Jakarta

Palan, 2007. Competency Management. PPM Indonesia : Jakarta

Rivai, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan .PT.Raja Grafindo Persada : Jakarta

Rivai, V dan Basri, M. F. A. 2005. Performance Appraisal. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Simamora, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Gramedia, Jakarta

Warren, 2011. Key performance indicators (KPI) – definition and action: Integrating KPIs into your company’s strategy. London: ATI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan



ISSN Print: [1858-0726] | ISSN Online: [2715-3916]
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN AVIASI
Mabes TNI AU - Wisma Aldiron Dirgantara Lt.2
Jl. Gatot Subroto No.72
Jakarta Selatan DKI Jakarta
12780 Indonesia
Phone : 021 7991923 / 7991886
Fax : 021 7991923