Strategi Pemasaran Tiket Pesawat, Paket Wisata Pada Maskapai Penerbangan Di Masa Pandemi Covid-19

Ryan Firdiansyah Suryawan, Dyah Novita Ratnasari

Abstract


Tujuan penelitian ini membahas strategi pemasaran tiket pesawat di masa pandemi covid-19, sejak virus corona meluas hingga hampir ke seluruh dunia, para calon penumpang maskapai saling bergegas membatalkan jadwal penerbangan. Jika otoritas penerbangan tidak segera mengambil langkah yang tepat maka seluruh penerbangan di dunia diprediksi akan bangkrut pada bulan Mei mendatang, penurunan jumlah penumpang diangkut oleh Perseroan sangat terpengaruh oleh kondisi industri penerbangan yang menurun akibat covid-19, dengan pemberlakukan PSBB di beberapa daerah terutama Ibukota mengakibatkan masyarakat memilih untuk mengikuti peraturan pemerintah.Cash flow merupakan hal yang paling penting untuk menjaga Going Concern perusahaan.  Maskapai penerbangan mempunyai dua kategori biaya yang sangat berpengaruh terhadap pengeluaran kas yaitu biaya tetap yang meliputi biaya sewa pesawat, biaya pegawai, administrasi kantor pusat dan kantor cabang dan biaya variabel penerbangan yang meliputi biaya bahan bakar, biaya kestasiunan, biaya catering, biaya navigasi dan biaya tunjangan terbang bagi awak pesawat,Untuk dapat memasarkan produk atau jasa, khususnya produk tiket pesawat maka dibutuhkan Strategi promosi online yang efektif dan juga efisien yang dapat membantu calon penumpang menarik perhatian banyak konsumen. Untuk perusahaan yang sudah sukses dalam memasarkan tiket pesawat di dalam negeri, maka perusahaan juga pasti ingin dapat memasarkan tiket pesawat tersebut hingga ke luar negeri seperti ke negara-negara di benua Asia lainnya seperti Cina, Jepang, Korea, bahkan sampai negara-negara di benua Eropa seperti Belanda, Jerman, Inggris, Italia dan Prancis.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin, dan Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Assauri, Sofyan, SE, MBA.,1992. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, Edisi Pertama, Cetakan Ke empat, Jakarta:Rajawali.

Bashkara, Satriyo U.P., Sylivia L. Mandey, dan Olivia Nelwan. 2014. Customer Relationship Management (CRM) dan Personal Selling Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Virgo Ekspres Tour & Travel Manado. Jurnal EMBA, Vol. 2 No. 1, 99-110

Dharmmesta, Basu Swastha dan T. Hani Hondoko. 2012. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE. Kotler, Philip. 2017. Manajemen pemasaran (terjemahan Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli AK) Edisi Revisi. Jakarta : PT. Ikrar Mandiriabadi. Rachmawati, Rina. 2010. Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan (Sebuah Kajian terhadapBisnis Makanan). Jurnal Teknubuga, Volume 2 No. 2, 66-79.

Firdiansyah, Ryan, 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Kepuasan Pelanggan, Jurnal Aliansi, Volume 9, Issue 17, Page 41, Program Pascasarjana magister Manajemen Sekolah Tinggi Manajemen IMMI – Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan



ISSN Print: [1858-0726] | ISSN Online: [2715-3916]
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN AVIASI
Mabes TNI AU - Wisma Aldiron Dirgantara Lt.2
Jl. Gatot Subroto No.72
Jakarta Selatan DKI Jakarta
12780 Indonesia
Phone : 021 7991923 / 7991886
Fax : 021 7991923