Dinamika Penanganan Penumpang Jamaah Umrah dan Haji plus oleh Perusahaan Wisata, Haji, Umrah (WHU) di Bandar Udara Soekarno-Hatta

Bambang soekarsono, Ryan Firdiansyah, Willy Hermawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah melihat dan seberapa besar manfaat dengan adanya jasa wisata, haji, dan umrah (WHU) bagi jamaah yang akan berpergian umrah dan haji plus, kedua data dari agen wisata, haji dan umrah (WHU) ditampilkan disini untuk memberitahukan dan menjadi bahan diskusi bagi penelitian selanjutnya sebagai masukan dalam industi jasa pelayanan dan penanganan wisata, haji dan umrah (WHU). Metode penelitian yang digunakan dala penelitian ini penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif, dan menggunakan hasil wawancara informan sebagai data penelitian. Pemilihan desain penelitian didasarkan atas beberapa pertimbangan, diantaranya : penulisan semi-kualitatif digunakan untuk mendeskripkan latar belakang interaksi yang komplek, bukti-bukti lapangan yang akan memberikan pemahaman yang tepat, dan hasil data penumpang yang dilayani oleh peusahaan jasa wisata, haji dan umrah (WHU).

Dari dua data analisis yang didapatkan dari dua perusahaan jasa WHU peneliti menyimpulkan sesuai dengan tujuan bahwa kemanfaatan pelayanan dan penanganan jasa Wisata, Haji dan Umrah ini memberikan bantuan kepada jamaah haji plus dan umrah dari proses check in sampai dengan ruang tunggu (lounge milik maskapai).  Untuk hasil lebih lanjut dari penelitian ini memerlukan suatu penelitian yang lebih lanjut.


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, Suharto dan Warpani, Eko Probo. (2009). Ground Handling, Manajemen Pelayanan Darat Perusahaan Penerbangan. Jakarta: Rajawali Press.

Angela, 2009, Penanganan Penumpang Pada Perusahaan Ground Handling, Laporan Tugas Akhir, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; PT. Asdi Mahasatya.

Assegaf (2009) penelitian dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan’’ (Studi Pada Perusahaan Penerbangan PT. Garuda Indonesia Di Kota Semarang).

Atmawati, Rustika dan Wahyuddin (2007) melakukan penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departement Store Di Solo Grand Mall”

Eko Widianto,“Peserta Umrah Melonjak dua kali selama Ramadan”, dalam http://www.tempo.co/read/news (15 Januari 2013).

Fiqih Awlawiya, Prioritas Aantara Ibadah Umrah Lebih Dari Sekali dan Menuntut Ilmu Dalam Perspektif Elit NU Surabaya, Nasfa Alif Diana NIM. F02411015, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Surabaya 2015.

Gunawan, Rully MediantoTanggal terbit 2017/1/16 JurnalProsiding Seminar Nasional Re TII Deskripsi.

Lestari, 2008, Keselamatan Penerbangan ditinjau dari segi penumpang dan barang, Tugas Akhir, Sekolah Tinggi Teknologi.

Martono. 2007. Kamus Hukum dan Regulasi Penerbangan. Jakarta; PT. Raja Grafindo

Mulyono, Taufik., 2007, Aspek Keselamatan Penerbangan di Daerah Lingkungan Kerja Bandar Udara, Tugas Akhir Sekolah Tinggi Teknologi

Shidqon Prabowo, SH, MH, Persaingan Usaha yang Sehat Dalam Penyelenggaraan haji di Indonesia (Prespektif Hukum Persaingan Usaha dan Anti Monopoli), Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2014) Vol. 8 Oktober 2014 Universitas Gunadarma – Depok – 14 – 15 Oktober 2014 ISSN : 2302-3740 Al- Buqha, Mustafa, Pokok-Pokok Ajaran Islam Syariah Arbain Nawawiyah, Rabbani Express, Jakarta, 2012.

Rahmat Ritonga dan Zainuddin, Fiqih Ibadah (Jakarta: Gaya Media Pratama, 1997), 210.

Sibuea, Iriani. 2009. Peranan Pramugari Terhadap Keselamatan Penerbangan Menurut Pandangan Penumpang Garuda Indonesia Di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Laporan Tugas Akhir, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Yogyakarta.

Umar, C., 2004. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Penumpang Sriwijaya Air Di Bandara Kolonial Medan. Medan : Tesis, Sekolah Pascasarjana Universitas Suma

Zainudin bin Abd al-Aziz al-Malibari, Fath al-Muin, Juz 2 (Beirut: Dar al-Fikr), 280.

Data hasil Dialog Umrah 2018 SINDO Weekly yang digelar di Rumah Sakit Haji Jakarta, Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (15/3/2018).

Tribunnews.com denganjudul Terminal 2F BandaraSoekarno-Hatta Akan Jadi TerminalUmrah, http://www.tribunnews.com/regional/2017/06/11/termina l-2f-bandara-soekarno-hatta-akan-jadi-terminal-umrah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan



ISSN Print: [1858-0726] ISSN Online: [On Progress]
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN AVIASI
Mabes TNI AU - Wisma Aldiron Dirgantara Lt.2
Jl. Gatot Subroto No.72
Jakarta Selatan DKI Jakarta
12780 Indonesia
Phone : 021 7991923 / 7991886
Fax : 021 7991923