Optimalisasi Kereta Api Airport Railink Services Kualanamu Mendukung Kegiatan Operasional Bandara

Primadi Candra Susanto, Ryan Firdiansyah Suryawan, Hartono Hartono, Muchlis Imanullah Arief

Abstract


Kereta api Airport Railink Services Kualanamu adalah layanan kereta api yang dioperasikan oleh Railink dengan rute Medan-Bandar Udara Internasional Kualanamu di Sumatra Utara, Indonesia. Kereta api bandara ARS Kualanamu mulai beroperasi pada tanggal 25 Juli 2013 bersamaan dengan beroperasinya Bandar Udara Internasional Kualanamu. Railink merupakan perusahaan patungan antara Kereta Api Indonesia dan Angkasa Pura II (Persero). ARS Kualanamu saat ini memiliki frekuensi 25 kali perjalanan dari Stasiun Medan ke Stasiun Bandara Kualanamu, berkapasitas 308 tempat duduk, dengan lama perjalanan 28-33 menit saat menuju bandara, dan 28-34 menit saat menuju Medan. Kereta api berangkat dan tiba di peron khusus kereta bandara di Stasiun Medan. Kereta api ini menggunakan 4 set rangkaian kereta rel diesel elektrik (KRDE) yang dibuat di pabrikan Korea Selatan, Woojin. Pada mulanya layanan ARS ini menggunakan rangkaian KRD eks-KRD Kaligangsa dari Pulau Jawa, namun setelah kedatangan kereta dari Korea Selatan, maka KRD dari Pulau Jawa tersebut dikembalikan dan saat ini digunakan kembali sebagai KA Prambanan Ekspres, sedangkan sebagian yang masih tersisa digunakan sebagai KA Sri Lelawangsa. Fasilitas yang disediakan dalam kereta api ini adalah fasilitas kenyamanan kereta api eksekutif berupa kereta ber-AC, reclining seat, Wi-Fi, serta layar audio visual.

Keywords


Optimalisasi; Kereta Api; Operasional Bandara; Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


A, Parasuraman. 2001. The Behavioral Consequenses of Service Quality, Journal Of

Marketing. Vol.60

Ranchod, A. 2004. Marketing Strategies: a Twenty-First A Century Approach. New Jersey:

Pren-tice Hall

Salim, Abbas, 2006. Manajemen Transportasi, Depok: Rajawali Pers.

Lestari, T. E., & Sudiro, A. (2019). Tanggung Jawab Pt Railink Terhadap Keterlambatan

Penumpang Kereta Api Bandara. Jurnal Hukum Adigama, 2(2), 1049.

https://doi.org/10.24912/adigama.v2i2.6704

Puspitasari, M. D., & Istiantara, D. T. (2018). Elastisitas Jasa Kereta Api Bandara Kualanamu

( Airport Railink Service ). Jurnal Perkeretapian Indoneisa, II(1), 22–33.

Yetty Riris, Ros Anita, E. S. (2013). ANALISIS KINERJA ANGKUTAN UMUM KERETA

RAIL LINK MEDAN- BANDARA INTERNATIONAL KUALANAMU (KNIA)

Yetty Riris Rotua Saragi. ATDS SAINTECH, 03(02), 74–88.




DOI: https://doi.org/10.52186/aviasi.v17i2.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Primadi Candra Susanto, Ryan Firdiansyah Suryawan, Hartono Hartono, Muchlis Imanullah Arief

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN AVIASI
Mabes TNI AU - Wisma Aldiron Dirgantara Lt.2
Jl. Gatot Subroto No.72
Jakarta Selatan DKI Jakarta
12780 Indonesia
Phone : 021 7991923 / 7991886
Fax : 021 7991923

Creative Commons License
Aviasi : Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.