Pandemi Covid-19: Konsep Bauran Pemasaran Dalam Peningkatan Revenue Perusahaan Bus Antar Kota Antar Provinsi

Meikol Benned, Dewi Endah Fajariana, Eka Immamah

Abstract


Tujuan penelitian ini melihat penerapan konsep bauran pemasaran perusahaan bus antar kota antar provinsi (AKAP) dimasa pandemic Covid-19. Selama pandemi ada penurunan jumlah penumpang pada pelayanan moda AKAP. Metode penelitian ini merupakan studi literatur dengan membandingkan beberapa teori yang ada dan penelitian sebelumnya. Hasil temuan masih ada kerumunan yang tidak menerapkan physical distancing dampak dari penjualan tiket offline. Dari penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa untuk mencegah penyebarluasan virus Covid-19 perusahaan jasa transportasi ini harus menerapkan beberapa aturan seperti menggunakan layanan online saat memesan tiket bus dan menerapkan protokol kesehatan, memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), menyediakan handsanitizer, dan melakukan fogging dalam bus. Pemasaran menjadi hal penting dalam mendirikan suatu perusahaan, karena pemasaran dapat menghubungkan produsen dan konsumen. Pemasaran penting pada persaingan barang dan jasa yang semakin ketat. Persaingan semakin ketat memungkinkan perusahaan merancang strategi bauran pemasaran tepat bagi perusahaannya agar memenangkan hati pelanggan. Jadi tidak heran semakin terlihatnya persaingan bisnis dalam kegiatan strategi pemasarannya. Unsur bauran pemasaran jasa terdiri atas tujuh hal, yaitu Product, Price, Place, People, Promotion, Process, dan Physical Evidence. Tujuh P menjadi acuan alat pemasarannya, melalui konsep pemasaran ini dapat menentukan pelanggan untuk pemilihan jasa.

The purpose of this study is to look at the application of the marketing mix concept of inter-city inter-provincial bus companies during the Covid-19 pandemic. During the pandemic there was a decrease in the number of passengers on mode services. This research method is a literature study by comparing several existing theories and previous research. The findings were that there were still crowds that did not implement physical distancing due to offline ticket sales. From this study it can be concluded that to prevent the spread of the Covid-19 virus, this transportation service company must implement several rules such as using online services when ordering bus tickets and implementing health protocols, having an Exit Permit, providing hand sanitizer, and fogging. in the bus. Marketing is an important thing in establishing a company, because marketing can connect producers and consumers. Marketing is important in the increasingly fierce competition for goods and services. The increasingly fierce competition allows companies to design the right marketing mix strategy for their company in order to win the hearts of customers. So it is not surprising that business competition is increasingly visible in its marketing strategy activities. The elements of the service marketing mix consist of seven things, namely Product, Price, Place, People, Promotion, Process, and Physical Evidence. Seven P's become the reference for marketing tools, through this marketing concept can determine customers for service selection.

 


Full Text:

PDF

References


M. Nur Rianto Al Arif, Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung: Alfabeta, 2012

Gita Danupranata, Manajemen Perbankan Syariah, Jakarta: Salemba Empat, 2013

Murti Sumarni, Manajemen Pemasaran Bank, Yogyakarta: Liberty, 2002

Sugiyono, Metode Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2013

Nawawi, Hadari H. Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada Press, 2015

Astuti, D. L. (2017). Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan penumpang kereta api serayu. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 11(2), 123–136.

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i1.8

Ibad, S., Arifin, R., & Priyono, A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa (Product, Price, Place, Promotion, Process, people, and Physical Evidence ) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmu & Riset MAnajemer, 6(10), 167–179. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/viewFile/867/861

Rachmawati, R., Jasa, J. T., Produksi, D., & Semarang, U. N. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 143–150.

Ulus, A. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Pada Pt. Astra Internasional Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1134–1144. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2872




DOI: https://doi.org/10.52186/aviasi.v18i1.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Meikol Benned, Dewi Endah Fajariana, Eka Immamah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN AVIASI
Mabes TNI AU - Wisma Aldiron Dirgantara Lt.2
Jl. Gatot Subroto No.72
Jakarta Selatan DKI Jakarta
12780 Indonesia
Phone : 021 7991923 / 7991886
Fax : 021 7991923

Creative Commons License
Aviasi : Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.