Kajian Beban Kerja Pilot Terhadap Terciptanya Kinerja Pilot Dalam Menunjang Keselamatan Penerbangan (Studi Kasus Maskapai X)

Iwan Setiawan, Arif Budiman

Abstract


The objectives of this study are: 1) To determine the effect of pilot workload on the creation of pilot performance in supporting aviation safety (Case Study of Airline X). 2) To determine and analyze the magnitude of the influence of pilot workload on the creation of pilot performance in supporting flight safety (Case Study of Airline X). This research has a quantitative approach, is descriptive and associative. In this study, the population in this study were 1,400 pilots and co-pilots in aviation (Case Study Airline PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk). The sample used is the Slovin technique. The number of samples studied was 93 respondents, namely the pilot and co-pilot at PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. The results of this study indicate that: 1) There is an effect of Pilot Workload (X) which has a significant effect on Pilot Performance (Y), because the tcount value for variable X (Pilot Workload) is 30,801, while the ttable value for N = 93 is 1,985. So 30,801> 1,985, it can be concluded that partially the Pilot Workload variable (X) has an effect on Pilot Performance (Y). 2) In the Model Summary, it is proven that the R2 (R Square) value is 0.912. This shows that 91.2% of the Pilot Workload has a positive effect on Pilot Performance while the remaining 8.8% has an effect on other factors not examined in this study

 

Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh beban kerja pilot terhadap terciptanya kinerja pilot dalam menunjang keselamatan penerbangan (Studi Kasus Maskapai X). 2) Untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh beban kerja pilot terhadap terciptanya kinerja pilot dalam menunjang keselamatan penerbangan (Studi Kasus Maskapai X). Penelitian ini berpendekatan kuantitatif, berjenis deskriptif dan asosiatif. Dalam penelitian ini, populasi dalam penelitian ini adalah 1.400 pilot dan co-pilot pada Penerbangan (Studi Kasus Maskapai X). Sampel yang digunakan menggunakan teknik Slovin.  Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 93 responden yakni pilot dan co-pilot pada PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh Beban Kerja Pilot (X) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pilot (Y), karena nilai thitung untuk variabel X(Beban Kerja Pilot) sebesar 30.801, sedangkan nilai ttabel untuk N = 93 sebesar 1.985. Jadi 30.801 > 1.985, dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Beban Kerja Pilot (X) berpengaruh terhadap Kinerja Pilot (Y). 2) Pada Model Summary terbukti nilai R2 (R Square) sebesar 0.912. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 91.2% Beban Kerja Pilot berpengaruh positif terhadap Kinerja Pilot sedangkan sisanya sebesar 8.8% berpengaruh terhadap faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini


Full Text:

PDF

References


Ari Susetyadi, Siti Masrifah, dan Eny Yuliawati. 2010. Pengkajian Kinerja Pilot Dalam

Menunjang Keselamatan Penerbangan. Jurnal Perhubungan Udara, Vol 34, No. 2.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan.

Kelimabelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Edison, Emron, Anwar, Yohny dan Komariyah, Imas. 2016. Manajemen Sumber Daya

Manusia. Cetakan ke-1.Bandung: Alfabeta.

Fikratunil Khasifah, Rini Nugraheni. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja, Beban Kerjadan

Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Balai Besar Wilayah

Sungai Pemali Juana). Diponegoro Journal Of Management Volume 5, Nomor 1,

Tahun 2016, Halaman 2

Hannani, Ahmad. 2016. Pengaruh Beban Kerja, Kepuasan, Fasilitas Terhadap Kinerja

Perawat Di Ruang Perawatan Mawar Lantai II Rumah Sakit Umum Wisata UTT

Makasar. Jurnal Mirai Manajemen. Vol. 01, No. 02.

Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 24 tahun 2008 tentang Penyelanggaran

Angkutan Udara.

Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 8 Tahun 2002 tentang Mekanisme Penetapan.

Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 9 tahun 2002 tentang Tarif Penumpang

Angkutan Udara Dalam Negeri Kelas Ekonomi.

Koesomowidjojo, Suci R Mar,ih. 2017. Panduan Praktis Menyusun; Analisis. Beban

Kerja. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia.

Perusahaan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia.

Perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Munandar. 2014. Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nova Ellyzar, Mukhlis Yunus, Amri. 2017. Pengaruh Mutasi Kerja, Beban Kerja, dan

Konflik Interpersonal Terhadap Stress Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja

Pegawai BPKP Perwakilan Provinsi Aceh. Jurnal Magister Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah. Vol 1. No. 1:Hal 35- 45.

Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis :

Jakarta : Salemba Medika.

Priansa, D. J. 2016. Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Riduwan, & Sunarto. 2011. Pengantar Statistika: Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,.

Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Riningrum, H. & Widiowati, E., 2016. Pengaruh Sikap Kerja, Usia dan Waktu Kerja

terhadap Keluhan Nyeri punggung bawah. Jurnal Pena Medika, 6(2), pp. 91-102.

Robbins SP, dan Judge. 2010. Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat.

Sitepu, Agripa Toar. 2013. “Beban Kerja dan Motivasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja

Karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara Tbk Cabang Manado”, Jurnal EMBA.

Vol.1 No.4, Hal. 1123-1133.

Sugiharjo, R Joko dan Friska Aldata. 2018. Pengaruh Beban Kerja Dan Motivasi Kerja

Terhadap Kinerja Karyawan Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Salemba. Jurnal Ilmiah

Manajemen dan Bisnis, Volume IV, No.01.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Afabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja, Edisi Kelima, Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

www.voaindonesia.com




DOI: https://doi.org/10.52186/aviasi.v18i1.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iwan Setiawan, Arif Budiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN AVIASI
Mabes TNI AU - Wisma Aldiron Dirgantara Lt.2
Jl. Gatot Subroto No.72
Jakarta Selatan DKI Jakarta
12780 Indonesia
Phone : 021 7991923 / 7991886
Fax : 021 7991923

Creative Commons License
Aviasi : Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.