Strategi Marketing: Bundling Penjualan Tiket Pesawat dan Hotel Mendukung Pariwisata di Masa Pandemi Covid-19

Naik Henokh Parmenas, Meikol Benned, Lilik Suryaningsih

Abstract


The purpose of this study is how the role of marketing strategy in terms of increasing sales of airline tickets and hotels with a bundling system. From time to time the business in the field of air transportation has a tendency to continue to increase. The demand for ticket sales that continues to increase because it is a trend for vacationing to tourist attractions is increasingly being promoted by the local government. There are various businesses that support tourism, including the hotel, restaurant, travel, airline and cruise ship businesses. In the field of marketing, the most difficult condition is to maintain consumers to always use the services of sellers, namely airlines, or often referred to as customer loyalty. To be able to create customer loyalty, entrepreneurs need to have an accurate marketing strategy in marketing their products. One form of marketing strategy that is able to support the marketing of food products to create consumer loyalty is the use of a marketing mix strategy which includes product, price, promotion, and physical evidence or place. If passengers get satisfaction with the products sold, then they will be loyal. If customer loyalty is realized, it will have an impact on increasing sales.

Tujuan penelitian ini bagaimana peranan strategi marketing dalam hal meningkatkan penjualan tiket pesawat dan hotel dengan system bundling. Dari waktu kewaktu bisnis dibidang transportasi udara mempunyai kecenderungan terus meningkat. Permintaan penjualan tiket yang terus meningkat karena merupakan trend berlibur ke tempat wisata semakin di promosikan oleh pemerintah daerah setempat. Terdapat bermacam-macam bisnis yang mendukung pariwisata, antara lain adalah bisnis hotel, restoran, travel, penerbangan dan kapal pesiar. Dalam bidang pemasaran, kondisi paling sulit adalah mempertahankan konsumen untuk selalu menggunakan jasa dari penjual yaitu maskapai penerbangan, atau sering disebut dengan loyalitas pelanggan. Untuk mampu menciptakan loyalitas pelanggan tersebut, para pengusaha perlu memiliki suatu strategi pemasaran yang jitu dalam memasarkan produknya. Salah satu bentuk strategi pemasaran yang mampu mendukung dalam memasarkan produk makanan untuk menciptakan loyalitas konsumen adalah penggunaan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang meliputi product, price, promotion, dan physical evidence atau place. Jika penumpang mendapatkan kepuasan terhadap produk yang dijual, maka mereka akan loyal. Jika terwujud loyalitas pelanggan, maka akan berimbas terhadap peningkatan penjualan. 

 


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin, dan Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dharmmesta, Basu Swastha dan T. Hani Hondoko. 2012. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

William J Stanton, Prinsip Pemasaran (Jakarta: Erlangga, 1999), h. 376

Stewarth, Perencanaan dan Strategi Pemasaran, Terj. Hasyim Ali (Jakarta: Akasara, 1996), h. 41.

Bashkara, Satriyo U.P., Sylivia L. Mandey, dan Olivia Nelwan. 2014. Customer Relationship Management (CRM) dan Personal Selling Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Virgo Ekspres Tour & Travel Manado. Jurnal EMBA, Vol. 2 No. 1, 99-110

https://ekonomi.bisnis.com/read/20210322/98/1370825/lawan-low-season-paket-bundling-airasia-dengan-hotel-efektif (diakses pada tanggal 5 Juni 2021)




DOI: https://doi.org/10.52186/aviasi.v18i1.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Naik Henokh Parmenas, Meikol Benned, Lilik Suryaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN AVIASI
Mabes TNI AU - Wisma Aldiron Dirgantara Lt.2
Jl. Gatot Subroto No.72
Jakarta Selatan DKI Jakarta
12780 Indonesia
Phone : 021 7991923 / 7991886
Fax : 021 7991923

Creative Commons License
Aviasi : Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.