Peran ground handling staff dalam menangani pengguna jasa maskapai dalam situasi delay di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta

Adzra Anastasya Belvadiyanti, Ryan Firdiansyah Suryawan, Eva Solina Gultom, Rudy Max Damara Gugat, Deddy Novie Citra Arta, Eka Immamah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen perusahaan menangani penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.Penyedia jasa tidak dapat menghindari keinginan pelanggan untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik (Service Excellence). Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, dengan caraobservasi langsung kepada informan. Staf Unit Ground Handling Staf mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam kelancaran operasional seluruh kegiatan operasional sisi darat dan sisi udara bandar udara yang meliputi proses check-in sampai dengan penumpang masuk ke dalam pesawat dan sampai dengan penumpang tiba di bandar udara tujuan. Para personel tersebut memberikan kinerja yang cukup baik dalam hal team working dan koordinasi dengan sesama personel ground handling, maupun dengan atasan dalam menjalankan kegiatan operasional di lapangan.

 

The role of ground handling staff in handling airline service users in delay situations at Soekarno Hatta International Airport

 

Abstract: The purpose of the study is to find out how the company's management handles passengers at Soekarno-Hatta Airport. Service providers cannot avoid customer demands for better service (service excellence). The research method used qualitative methods by making direct observations of informants. Ground Handling Staff Unit Staff is a unit that has duties and responsibilities in the smooth operation of all airport landside and airside operations which include the check-in process until passengers enter the aircraft and until the passenger arrives at the destination airport. The personnel provided a fairly good performance in terms of teamwork and coordination with fellow ground handling personnel, as well as with superiors, in carrying out operational activities in the field.


Keywords


Staf Ground Handling; Landside; Airside

References


Indupurnahayu, Setiawan, E. B., Agusinta, L., Suryawan, R. F., Ricardianto, P., Sari, M., … Sakti, R. F. J. (2021). Changes in demand and supply of the crude oil market during the covid-19 pandemic and its effects on the natural gas market. International Journal of Energy Economics and Policy, 11(3), 1–6. https://doi.org/10.32479/ijeep.10671

Nurhayati, & Sukesti, F. (2016). Peningkatan Loyalitas Nasabah Bank Syariah Melalui Peningkatan Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Dengan Variabel Religiusitas Sebagai Variabel Merating. Journal Ekonomi Islam Walisongo, VII, 141–153.

Suryawan, ryan firdiansyah, dan susanto, primadi candra, 2020, pengantar kepabeanan, keimigrasian dan karantina edisi 3, Mitra Wacana Media.

Satriyanti, E. O. (1998). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasa Nasabah Dan Citra Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 2(2), 171–184.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Sugiarti Gunaryadi, Ryan Firdiansyah Suryawan, M.Fatchoelqorib, Evaf Maulina, Dewi Dyah, 1, 2016. halaman 116, Mitra Wacana Media

Mashar, W. 2015. Pengaruh Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Universitas Pasir Pengaraian Program Studi Manajemen,

Suharto A. Majid dan Eko Probo D. Warpani, 2009, Ground Handling : Manajemen Pelayanan Darat Perusahaan Penerbangan, STMT Trisakti Jakarta.

Yaqin, A., & Ilfitriah, A. M. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Dan Loyalitas Nasabah Bank Pengguna E-Banking Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 4(2), 245–260.

Zakiy, M. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.52186/aviasi.v19i2.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ryan Firdiansyah Suryawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN AVIASI
Wisma Aldiron Dirgantara
Jl. Gatot Subroto No.72
Jakarta selatan 12780
Phone : (021) 52395907

Creative Commons License
Aviasi : Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.